Natal dan Tahun Baru 2013 yang Sepi (Dili, Timor Leste)

Natal dan Tahun Baru 2013 yang Sepi (Dili, Timor Leste)

Dibanding tahun-tahun yang lalu, suasana Natal dan menjelang datangnya tahun baru 2013 ini terasa sangat sepi. Keramaian Natal tidak lagi terjadi di Ibukota Dili, padahal mayoritas mutlak penduduknya beragama Katholik.

Masyarakat, sepertinya berada dalam kondisi dan situasi yang ‘disoriented’, yakni sebuah situasi yang menyebabkan hilangnya semangat dan roh kehidupan. Masyarakat, sepertinya berada dalam situasi kejenuhan.

Col-mera sebagai pusat perbelanjaan juga menghadapi hal yang serupa: sepi. Tak banyak pembeli yang berdatangan. Mungkin faktornya adalah banyak anggota masyarakat yang kurang memiliki uang; atau dapat saja memiliki uang namun tidak tahu, hendak diapakan uang-uang tersebut.

Sepinya Natal juga dapat dilihat dari sepinya aktivitas anak-anak muda perkampungan dalam pembuatan simbol-simbol Natal, seperti pembuatan gua-gua-an (prejepiu). Jika tahun-tahun sebelumnya, aktivitas demikian hampir terjadi dan dapat dijumpai dalam setiap bairo atau gang perkampungan di Kota Dili, maka untuk tahun ini tidak terlihat lagi.

Dan, masih banyak tanda-tanda disoriented lainnya. Tentunya, ini akan berujung pada situasi di mana anarkhisme sosial dapat muncul. Masyarakat yang jenuh secara berterus-terusan akan melahirkan sikap yang cenderung agresif. ini bertanda dari tidak terkontrolnya emosi masing-masing orang. Jadi, akan banyak orang-orang yang mudah terpancing akan hawa amarahnya.

Situasi sebagaimana dijelaskan di atas, agaknya akan berlangsung cukup lama. Celakanya lagi, dialektika yang terjadi dalam masyarakat Timor Leste dalam hal mengganti situasi selalu diwarnai dengan kekerasan. Pertanyaannya, apakah situasi ini akan berujung pada lahirnya kekerasan di kemudian hari?

Dili, 21-12-2012

About these ads

4 gagasan untuk “Natal dan Tahun Baru 2013 yang Sepi (Dili, Timor Leste)

  1. maubere oan sira la bele baruk esforsu an nafatin hodi hadiah no dezenvolve ba ita nia rai doben Timor Leste ita mak futuro nasaun nian,,,se ita baruk semak atu dezenvolve ita nia rai doben Timor-Leste,,, hadomi paz no hakribi violensia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s